Anak Sulung dengan Adik yang Banyak

Tadinya sih Saya terlahir sebagai anak tunggal, eh itu hanya berlaku selama satu tahun saja, karena ibu Saya kembali melahirkan seorang bayi laki-laki. Itu artinya statusku berubah yang tadinya anak tunggal menjadi anak sulung. Tidak sampai disitu saja, beberapa tahun kemudian adik ku nambah lagi, lagi dan lagi… Hingga terkumpul semua adikku berjumlah enam orang dan ditambah aku sendiri jadi anak Ibu dan Ayah menjadi tujuh orang. Banyak kan..?

Kami hidup bersama dengan keadaan yang serba pas-pasan… Pas beli nasi, ada.. Pas beli lauk, ada.. Pas beli pakaian, ada.. Pas beli kendaraan, ada.. Pokoknya serba pas-pasan lah… Karena Ayah dan Ibu bekerja sebagai wirausaha, jadi tanggal tua pun gak ngaruh buat mereka. Hanya saja bergantung pada orderan saja hehe..

Berantem? Ya pasti ada lah… Yaa gak seru lah kalo punya banyak saudara tapi akur mulu.. Sesekali cari gara-gara biar lebih akur lagi.. aneh ya?
Enaknya punya banyak saudara itu, kita gak sendirian #plak
Kemana-mana ada yang nemenin, suasana jadi seru, seperti nonton bareng, makan bareng, tidur bareng, kena marah bareng hehe…
Tapi gak enaknya adalah kalo beli jajanan jangan harap bisa menikmatinya dengan tenang haha #becanda
Kalo keluar rumah, trus mau beliin makanan, harus diperhitungkan dulu. Misal, Saya mau belikan martabak, maka jumlah potongannya harus sesuai dengan jumlah orang yang ada dirumah, jangan kurang apalagi lebih. Kalo potongannya lebih, berarti satu porsi aja gak cukup, tambah porsi lagi.

Pokoknya punya banyak adik itu ada serunya, ada juga masa-masa rumitnya, yang jelas, kita jadi gak kesepian. Seneng bareng-bareng, susah pun bareng bareng. Sebagai anak sulung, Saya harus bisa meng-cover adik-adik saya secara adil dan menyeluruh. Disinilah letak kesulitan anak sulung. Tidak sedikit yang gagal, yang mengakibatkan hancurnya hubungan bersaudara. Semoga Allah selalu memberikan rezki-Nya kepada kita semua berupa hubungan bersaudara yang akur dan saling tolong menolong, baik dalam keadaan susah maupun senang.

Iklan