Dagang Keliling Kalimantan Barat

Pada akhir tahun 2016 lalu Saya mulai jarang ngepost di blog ini selain karena blog ini sempat mengalami masalah, Saya juga memang sibuk banget. Pada bulan Agustus 2016 lalu tepat pada tanggal 17, Saya terbang dari kota Jambi menuju kota Pontianak, yakni ibu kota dari Provinsi Kalimantan Barat. Dengan berat hati Saya resign dari tempat Saya bekerja untuk pindah ke Kalbar ini, untuk mencari pengalaman baru di dunia bekerja.

Kerja apa?
Karena Saya berdarah Padang, maka pekerjaannya gak jauh-jauh dari berdagang. yups… disini Saya dagangnya gak dipasar ataupun ditempat yang tetap, seperti kios ataupun ruko. Melainkan disini Saya berdagang dengan cara berkeliling. Dimana ada keramaian, disanalah kami berada. Misalnya disebuah kota mengadakan acara pesta kuliner atau mengadakan acara ulang tahun kota, biasanya panitia pelaksana menyediakan tempat atau stand untuk para pedanga.. Nah disanalah kami mengambil kesempatan tersebut.

Jadi kami selalu berpindah-pindah tempat dari kota satu ke kota lainnya. Disetiap bulannya pasti ada aja acara-acara yang diadakan. Acara yang biasa kami datangi adalah acara EXPO atau ulang tahun kota, acara Gawai Dayak (Pesta Dayak), hingga peresmian tempat wisata baru.
Ada banyak jenis dagangan yang diperjual belikan oleh para pedagang keliling ini, seperti aksesoris, baju, tas, sepatu, cemilan, makanan dan lain-lain. Disini Saya menjual aneka makanan seperti nasi padang, bakso, sate, nasi goreng, dan aneka minuman seperi teh es, pop ice, kopi, jus dan lain-lain.
Dibawah ini ada beberapa foto yang berhasil Saya abadikan disela-sela kesibukan Saya dilokasi dagang…

dagang-keliling05Ini adalah situasi dimana kami baru tiba dilokasi acara dan belum menyusun barang dagangan ditempat yang akan disediakan oleh panitia pelaksana.

dagang-keliling01Dan ini adalah penampakan ketika Saya sedang membuat lontong dan barang dagangan telah disusun dengan rapi pada tempatnya.

dagang-keliling04
dagang-keliling03Ini dia penampakan barang dagangan yang kami suguhkan.

dagang-keliling15Beberapa menu makanan yang kami sediakan 🙂

dagang-keliling14Keadaan stand kami yang Alhamdulillah ramai oleh pengunjung

dagang-keliling07Ini Saya ketika sedang membersihkan bawah merah yang banyaknya sekarung

dagang-keliling16Ini lagi ngapain yaa…

dagang-keliling06Foto bersama teman-teman lainnya disaat pengunjung lagi sepi

dagang-keliling08Ini pada saat mempersiapkan nasi kotak pesanan anggota TNI AL yang sedang bertugas mengamankan lokasi acara

dagang-keliling09Pada saat membeli bahan makanan dan dijalan terjebak macet berjam-jam. Daripada bete, mending selfie dulu hehe.. hmm abaikan kumis dan jenggot yang kurang terawat itu

dagang-keliling10Siang harinya kami mempersiapkan bahan-bahan yang akan diolah sebelum malam tiba, karena biasanya pengunjung datang pada malam hari

dagang-keliling11Pada waktu istirahat kami manfaatkan dengan sebaik-baiknya

dagang-keliling02Baru bangun tidur dan siap-siap menunggu kendaraan untuk membawa peralatan dagang

dagang-keliling12Ini dia kendaraannya sudah tiba, waktunya untuk packing secara besar-besaran

dagang-keliling13Ini adalah Style kalo udah berada dilokasi atau dilapangan

Nah itu dia kesibukan Saya beberapa bulan terakhir ini dan masih berlanjut hingga sekarang. Dalam beberapa hari kedepan Saya musti berangkat lagi ke “lapangan”, begitulah istilah yang kami gunakan dalam dagang keliling ini. Minggu depan ada acara Imlek disebuah kota, dan kami kembali berdangan disana.

Capek? Pastilah.. istirahat jadi tidak teratur dan makanpun juga tidak sesuai dengan waktunya. Mau gimana lagi…
yang penting, nikmatin aja…

Happy Blogging

Iklan