Sejarahku Mengenal Blog dan Blogging Part 1

Ngeblog atau Bloging bisa dibilang hobi ku dari tahun 2010. Tentu saja gak langsung seperti ini, pasti ada sejarah awal mula-nya..
nah Pada postingan Kali ini,Saya mau sedikit cerita dan bernostalgia tentang pengalaman Saya mengenal Blog hingga saat ini…Ada banyak lika-liku yang Saya jalani selama ini.. Oke kita langsung aja ceritanya..

Pada zaman dahulu . . . *Kejauhan Bogeng 😩
Oke kita mulai…

Menulis adalah hobiku sejak masih sekolah EsDe. Meskipun kata orang tulisanku gak bagus, aku gak peduli. Aku terus menyalurkan hobi ini…
Aku sangat terampil menulis cepat, karena guruku disekolah punya hobi suka men-dikte catatan dikelas. Aku sendiri juga gak tau sejarahnya seperti apa yang membuat Sang guru menekuni hobinya tersebut.

Ada pengalaman yang lucu, saat gurunya terlalu cepet nge-dikte dan aku mulai ketinggalan. Dengan kemampuan ingatan yang ku punya, aku berusaha mengingat kata demi kata yang diucapkan oleh guru tersebut beberapa detik yang lalu. Karena guru tersebut terlalu cepat, akhirnya aku gak mampu mengejar ketinggalan. Namun Aku gak pasrah gitu aja, Aku lihat aja catatan teman sebelah. Eh ternyata dia gak nyatet, dasar teman kampret… Trus Aku tanya dong:

Saya : “Woii.. Kamu gak nyatat?”
Teman : “Nyatat apaan?, tu bu guru lagi jelasin materi.”

Eh buset.. Saya lihat sekeliling ternyata gak ada satupun yang nyatat.. huft.. yang udah deh, anggap aja latihan nulis cepat hehe *ngeles aja

Oke Lanjut..
Hobi itu berlanjut hingga EsEmPe dan EsEmAh.. Hingga pada suatu saat Aku pergi ke warnet untuk nyari tugas dari guru. Dengan udiknya karena pada saat itu Aku pindah ke Kalimantan namun didaerah pedalaman. Sangking dalamnya hukum rimba masih berlaku disana. Pada saat itu, warnet pertama kali masuk, o iya untuk yang ingin tau pengalaman pertama Saya mengenak internet bisa klik disni.
Dengan udiknya Aku menggunakan ilmu yang ku punya yakni cara menggunakan warnet dan mencari informasi di gugel.
Oke, setengah jam Aku disana dan semua yang aku cari udah ketemu. Biasalah, bayarnya sejam masa mainnya setengah jam doang.. rugi dong.. Nah Aku gunakan waktu yang tersisa untuk googling kesana kemari, hingga Aku menemukan sebuah informasi yang unik. Semakin diklik semakin penasaran. Ternyata Aku berada pada sebuah blog dengan ptatform blogspot.

Sepulang dari warnet, Saya membawa rasa penasaran. Kok bisa ya orang itu memasukkan kata demi kata kedalam internet?
Karena Aku hobi menulis dan berharap tulisan ku tersebut bisa bermanfaat untuk orang lain. Aku gak ingin menulis hanya sekedar menulis, tapi menulis yang ada ilmunya. Bayangin aja, Saya pernah mencatat ulang dengan tangan apa-apa aja yang ada dalam buku RPUL. Gila gak tu.. *hm biasa aja ya?

Oke, Saya dapatkan cara bagaimana agar Aku bisa menulis diinternet. Cara itu aku dapatkan dari blog yang membahas tentang blogging. Kalau kalian blogger aktif dari tahun 2011 atau 2012, pasti kenal dengan blogger Bang Irfan Handi asal NTT kalo gak salah. Tapi sayangnya beliau menghilang dari ranah blogging, padahal pengunjungnya buanyak banget dari kalangan blogger pemula seperti Saya.

pura-puranya ilustrasi 😀

Blog pertama yang Aku buat ber-platform-kan blogspot pada tahun 2011, blog itu aku buat dengan url nama ku sendiri.
karena gak punya komputer, Saya bingung mau nulis konten apa pada blog itu, alhasil Aku hanya posting foto-foto hasil editan Photoshop karena aku sedang belajar Photoshop. Ada pengalaman ajaib nih hehe, waktu itu ada guru yang ngajar pake proyetor dan laptop dan Aku yang ditugasin untuk jadi operatornya.. Iseng-iseng, sela-sela pelajaran, pak guru pergi keluar kelas, trus Aku buka google dan iseng aja ketik nama sendiri di pencarian google image. Ajaib banget, foto-foto Saya muncul di hasil pencarian dan dilihat teman-teman sekelas.. “Man, kamu itu siapa? kok gugel kenal sama kamu?” teman-teman mulai bertanya. Saya jawab dengan cool “hehe Bukan siapa-siapa..” padahal lobang hidung udah maksimal gedenya hahaha . . . 😆

Karena gak punya komputer atau laptop, blog itu terlantar hingga Saya balik ke jambi dan ingin mengakses blog tersebut, ternyata email dan passwordnya lupa. Mau gimana lagi, Terpaksa Saya membuat blog baru. Namun Saya pengen tau platform lain selain blogspot. Eh ketemulah dengan platform yang kece ini yakni wordpress…
blog pertama menggunakan wordpress yang Saya buat adalah rahmanflash.wordpress.com. Isinya adalah konten repost dari blog lain yang udah mati alias gak ada update lagi dari yang punya blog. Hal tersebut terus Saya lakuin hingga Saya menyadari bahwa repost itu adalah perbuatan yang gak baik. Baik itu terhadap blog itu sendiri maupun terhadap Saya sebagai blogger.

Saya gak nyangka ceritanya bakalan panjang seperti ini.. Disinilah serunya ngeblog.. Perkiraan Saya cerita ini pendek, eh otak ini pengen cerita mulu, jadinya kepanjangan deh.. Tadinya sih mau diselesaikan, tapi gak sempat lagi, maklum komputernya dipake buat kerja.. eh kebalik denk.. komputer kerja dipake buat ngeblog hehe… 😆
Padahal bisa di-draf dulu yak hehe, gak tau nih gak sabar pengen publish hehe.. ceritanya lanjut di part 2 yaa… 🙂

Happy blogging…

