Pelayanan yang Kurang Menyenangkan dari Olshop 👎
What’s up the people of the world broadcasting live from my house and you are watching me again! 😎
ups salah… itu kalimat openignya Chandra Liow hehe . . .😂😂😂
Mari kita “Open” dengan sesuatu yang baik 😊
Assalamu’alaikum wr.. wb..
Apakabar Sobat semua?
Semoga selalu dan senantiasa diberikan kesehatan dan perlindungan dari Allah SWT . . . 😊😇
Oke, sesuai dengan judul diatas, Saya ingin sharing pengalaman Saya,,, baru saja Saya mendapatkan perlakuan yang kurang menyenangkan dari seorang yang membuka lapak di sosial media. 🤧
Ceritanya gini..
Saya secara kebetulan menemukan sebuah postingan di instagram yang membuat Saya tertarik untuk mengetahui informasinya lebih lanjut dari product yang ia paparkan.🤩 Nah sebagai calon costumer, langkah pertama yang Saya lakukan adalah membuka akun sii penjual tersebut.🧐 Dan selanjutnya Saya ingin meng-order apa yang sii penjual sajikan. Otomatis Saya menghubunginya via DM dong…😊 Saya tunggu keesokan harinya, ternyata gak ada respon…😕 Selanjutnya Saya hubungi via komen pada sebuah postingan, hasilnya sama aja, gak ada respon.😓 Karena Saya penasaran, Saya liat bi0-nya, ternyata ada nomer contak via Whatsapp. Langsung aja Saya save dan Saya test apakah no contact via whatsapp tersebut, apakah masih aktif atau tidak, karena sudah Saya hubungi via DM dan komen namun tidak ada respon, Saya pikir kali aja udah gak jualan lagi… 🧐
Pesan pertama yang saja kirimkan via WA tersebut adalah “ping” 😊
dan Alhmdulillah, gak direspon juga, padahal udah di “read” oleh empunya.🤔 Saya bingung, ini orang masih jualan gak sih?🤔
Lalu saya krim chat lagi, isinya “gan”…😎 Alhmdulillah direspon dan dibales, tapi 6 jam kemudian.😖 dan balesannya tanda tanya “?” 🙄
Ya udah, karena merasa ada respon, ya Saya bales maksud dan tujuan Saya.. “Ane mau order gan”… 🤑
Alhmdulillah langsung dibales, tapi balesannya rada kurang baik yang bersifat mengintimidasi Saya sebagai calon pembeli..😑
Dia membales chat Saya dengan beberapa pertanyaan yang membuat siapapun calon pembelinya akan berfikir beberapa kali untuk melanjutkan orderan.😑😑😑
Untuk menenangkan suasana, Saya bales aja,,, “Santai aja gan, kalo cocok, pasti order kok” 😊
Aneh kan, masa’ iya ada penjual yang melayani calon pembelinya dengan tidak ramah seperti ini… 😅
Singkat cerita, Saya tetap ingin melanjutkan orderan dengan menanyakan apa-apa saja product yang tersedia.. 😊
Alhasil tetap gak direspon, hanya di read aja..😅 tidak lama setelah itu foto profil pada akun WA sii penjual menghilang dan Saya gak bisa melihat “last seen” sii penjual tersebut. Oke Fix,,, kontak Saya di block oleh sii penjual hehe 🤣🤣🤣
Penjual macam apa itu.. Sepertinya dia lagi dalam masa-masa sensitif, PMS mungkin… 😂😂😂
Karena Saya masih penasaran, kembali Saya buka akun IG sii penjual,🧐 siapa tau komen atau DM Saya dibales… Eh ternyata sama aja, gak ada respon sama sekali.. 🤧
Tapi di IG nya ada indikator bahwa dia baru saja post IG story..😲 berarti Saya berfikir nih orang masih aktif jualan.. Ya sudah, Saya lihat doong…😊 Gilaa..😱😱😱 isi IG story-nya adalah screenshot chat Saya di WA tadi..🤪 Sii penjual itu memberikan keterangan pada foto screenshot tersebut bahwa Saya adalah pembeli yang cuma ingin ngerjai dia dan tidak benar-benar berniat untuk order.. 🤣🤣🤣
Ada beberapa post IG Story yang mengambil screenshot chat Saya, seperti dibawah ini…
Saya gak tau apakah Saya salah atau tidak dalam mengirimkan pesan pertama kepada sii penjual..😔 Tapi tujuannya cuma memastikan apakah akun WA ini masih aktif atau tidak, karena komen dan DM Saya gak direspon sama sii penjual. 😷😷😷
Selanjutnya, inilah post IG story nya…
Saya cuma bisa tertawa ketika dia memberikan keterangan seperti ini.. Apa salah Saya? 🤔😂😂😂
Kalo cocok ya Saya order, kalo gak ya masa’ semua calon pembeli harus order..😂 namanya juga calon, ya gak? Sedangkan yang udah nikah aja bisa cerai… 😑
Selanjutnya beberapa post IG Story yang isinya seperti dibawah ini..
Sebagai calon pembeli, Saya merasa diperlakukan tidak sewajarnya..🤒 Selama Saya bertransaksi online, ini adalah pengalaman terburuk yang Saya dapati dari seorang penjual..🤒🤒
Dari postingan IG Stroy ini, Saya gak habis fikir,🤔 kok ada penjual yang aneh seperti ini..🤣 yang parahnya lagi, photo profil WA dan nomer kontak Saya gak di sensor.. hedeeh . . . 🤧🤓
Karena merasa diperlakukan dengan tidak sewajarnya, bahkan Saya dikira mengerjai sii penjual, maka langkah selanjutnya adalah klarifikasi..😊😉 Menjelaskan kepada sii penjual bahwa Saya memang berniat untuk order, bahkan persentasenya 100% pasti Saya order karena memang butuh, bahkan kalo cocok, Saya order kembali dilain waktu. 😎
Maka Saya buka post terakhir di akun IG si penjual, lalu Saya berikan komentar yang isinya menjelaskan bahwa Saya gak ada niat untuk main-main… ✍
Dan jawabannya justru bersifat “Sombong” tanpa sedikitpun ingin “merendah”… Dibawah ini bisa Sobat baca komen dan balesannya dari sii pemilik akun… 🤭
Pesan Saya buat Sobat semua yang mungkin membuka lapak di sosial media: ✍
Jika ada orang yang menghubungi kita (penjual) melalui no kontak yang kita sediakan, maka layani dengan sebaik-baiknya..😊 Karena dengan menghubungi kita, itu artinya kemungkinan besar dia mau order, hanya saja ingin informasi lebih lanjut tentang product ataupun harga.👍 Logikanya adalah,😊 jika sii calon pembeli gak tertarik dengan product kita, gak mungkin dia membuang-buang waktunya untuk isengin kita.😊 Kalaupun ada yang berniat iseng, tetap layani dengan baik, itung-itung untuk belajar dan mengasah cara kita melayani calon pembeli, karena gak semua calon pembeli itu sama cara menanggapi chat kita.😊
kalo sii calon pembelinya gak jadi order, apa ruginya kita?😊😊 apakah dengan dia batal order, modal kita berkurang?😅 atau numbuh bisul di pantat kita?😅 enggak kan? 😂😂😂
Kunci dari suksesnya usaha kita adalah pelayanan… 🤑✊✊✊
Semoga Sobat sekalian bisa mengambil hikmah dari apa yang Saya alami hari ini, dan semoga bermanfaat..
Wassalamu’alaiukum wr.. wb..
Happy Blogging
Mungkin Si Mimin bakandak “merah” Jo, bukan “Ping” 🤣🤣🤣
SukaDisukai oleh 2 orang
Iyo lo ndak 🤔 😅
Indak sampai kasinan pangana tadi do 😂
SukaDisukai oleh 1 orang
Mungkin disapanya harus pake kata Halo, bukan Ping.. hehe.. (IMO yaaaaa) Soalnya biar kataaku gak jualan, kalau di sapa Ping aja, bingung juga, siapa nih yang Ping.. Tapi memang itu olshopnya juga bikin emosi.. nyecer gitu..
SukaDisukai oleh 1 orang
Hehe gitu ya kak 😅.. Saya juga gunakan no Whatsapp Saya untuk urusan kerja.. Jadi kalo tiba2 ada yg menghubungi Saya menggunakan no Whatsapp tersebut Saya ambil kesimpulan bahwa ad yg ingin konsultasi ataupun koordinasi urusan kerja ataupun urusan lainnya kepada Saya.. Karena Saya dari awal sudah memutuskan menggunakan kontak Saya untuk dapat dihubungi oleh siapapun 😎😊😊😊
SukaDisukai oleh 1 orang
Lain kali langsung aja mas chat apa yg mau ditanyain, tapi aslik ya itu Olshop nyebelin parah, klo ga suka yaudah, ga usah dilebay-lebayin kyak gtu 😥
SukaDisukai oleh 1 orang
Hehe iya deh Kak Kunu…
Saya chat “ping” awalnya cuma test aja.. Kira2 akun WA nya aktif atau gak hehe.. Soalnya Saya kontak via DM dan komen tpi gak ad respon 😅..
SukaSuka
Woelaaaahhh ikut kesel bacanya kak 😂
Yang direspon cuma yang mau order doang haha, dimana2 org dagang harus sabar menghadapi ‘calon’ pembeli. Tukang sayur di pasar yang sayurnya dipegang diraba trs ga jd beli aja gak snewen kayak gini 😅 asli ini olshop gak cucok jd pebisnis haha #kejam #yagitu
Cuman yaa mgkn lain kali kalau mau chat olshop lgsg tanya aja mengenai produknya biar dia ga merasa diphp-in😂
SukaDisukai oleh 1 orang
Hehe iya deh Kak Dea . . . 😊
Padahal kan Saya gak pernah PHP hehe
Katanya yang takut di PHP-in orang yang biasa di PHP-in ya 🤭
Terimakasih ya Kak atas kunungannya.. Salam Kenal 😊
SukaSuka
Wah, sensi bner tuh pelapaknya. Asli ikut kesel. Setidaknya balas di kolom komentar dulu ya. Hha
Lain kali langsung tanya produknya aja mas, hhee
SukaDisukai oleh 1 orang
Siap Bang hehe . . .
mungkin cara Saya yang kurang tepat hehe
SukaSuka
Kalo aku mah mendingan cari OL shop lain, gak mau berlama-lama muter lewat aneka macam cara. Hayati lelah euy
SukaDisukai oleh 1 orang
Iya sih kak… Cuma saya gedek aja rasanya 😂
SukaDisukai oleh 1 orang
Ikut kzl bacanya 😂. Mungkin si mimin sudah sering ter-php-kan jadi trauma. Begitulah komunikasi sering tersalahpahami
SukaDisukai oleh 1 orang
😂 mungkin belum terbiasa di PHP in kak..
Kalo bisnis ya gitu.. Gak semua berjalan sesuai ekspentasi..
SukaDisukai oleh 1 orang
Mungkin itu olshopnya pernah kena order tipu-tipu. Makanya sensitif amat. Mana itu sampai akhir nggak ngerasa salah pulak. Penjual loh padahal.
Bener seperti komen yang di atas, Mas. Kalau mau tanya to the poin aja sama apa yang mau ditanyain. Biar penjual tahu kalau kita beneran mau order. 😀
SukaSuka
aku kok bacanya kesel ya? gak semestinya main block gitu, aduh ga ramah bgt juga itu adminnya.
SukaSuka
Mungkin ngelihat pic profil WA Rahman, si mimin berasa mirip2 dgn yg pernah PHP in dia. Kalo DM ga dibales, tp bs post story, itu terlalu. Tapi, kalo WA dgn “ping” itu memang membuat gondok yg nerima, njawabnya mbingung 😆
SukaSuka
😭😭😭 apa salahku
Btw, belum pernah punya pengalaman olshop separah itu sih. Tapi, kalau mau pesan mungkin bilang langsung saja Mas. Kalau cuma Ping mmg agak bingung. Terutama utk admin olshop yg lagi kepanasan 😅😅. Jadi gampang salah paham deh. 😞😞
SukaDisukai oleh 1 orang
Siap Kaka ☺☺☺
SukaSuka
Menurut gue itu olshopnya yang iseng mas. Alias kebanyakan waktu kosong jadi sempat2nya buat hal yg provokatif begini. Kalau sibuk dan banyak yg order mana sempat…
SukaDisukai oleh 1 orang
iya juga yaa . . .
wkwkwk
SukaSuka
Errr malesin ya penjual
Kek gitu. Namany pun jualan belon tentu jg semua org yg nanya beli
SukaSuka
Jadi, di dunia online pembeli adalah raja sepertinya tidak berlaku.. gemes mode on sama olshop nya..
SukaSuka
wkwkwk
tapi tetap, pembeli adalah raja dan harus dilayani dengan baik 😊
Trims atas kunjungannya
SukaSuka
Sama2 mas..
SukaSuka