Pendaratan di Jeddah

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

Masih di tanggal 15 Januari 2020, setelah melalui perjalanan selama 9 jam di dalam pesawat, Alhamdulillah kami mendarat di Jeddah. Aku langsung mengaktifkan hape ku untuk memberi kabar kepada tim yang sudah kita ajak kerja sama. Bliau langsung merespon dan mempersiapkan bis untuk kami.

Aku dan rombongan turun dari pesawat menuju bagian imigrasi. Aku berusaha untuk beradaptasi dengan sekitar. Melihat bangunan bandara yang sangat besar, para petugas bandara yang mancung-mancung dan lain sebagainya.
Setelah memastikan semua rombongan sudah melewati proses imigrasi, kami menuju pelataran bandara. Aku segera berkeliling bandara, mencari tempat wudhu dan mushala. Setelah itu, jamaah aku arahkan untuk melaksanakan shalat Magrib sekaligus jama’ shalat Isya, karena serelah ini kami akan melakukan perjalanan dari Jeddah menuju Madinah yang lebih kurang memakan waktu 6 jam perjalanan. Setelah mengarahkan jamaah untuk shalat, Aku memastikan terlebih dahulu dimana lokasi bis kami berada.
Ada banyak sekali bis disana, tapi setiap bis punya merk dan nomer bis yang berbeda.

Setelah aku temui posisi bis berada, aku segera kembali ke mushalla, lalu mengarahkan jamaah yang sudah shalat agar menunggu di ruang tunggu, menunggu yg lainnya slesai shalat dan biar kita sama menuju bis. Lalu aku sendiri melaksanakan shalat Magrib di mushalla.

Setelah semua berkumpul di ruang tunggu, aku kembali menghitung jumlah rombongan. Lalu melanjutkan perjalanan kami menuju parkiran dan menaiki Bis.

Didalam bis, kami di berikan makan malam oleh driver nya. Alhamdulillah driver bis ini adalah orang Indonesia, jadi aku lebih mudah berkomunikasi dengan nya.

Didalam bis ini, difasilitasi dengan bagasi yg sangat besar, AC yang dingin, toilet, seat yang empuk dan nyaman, dan tak kalah pintingnya adalah port charging. Bis ini juga memiliki microfon di bagian depan. Bukan untuk karaoke, melaikan untuk muthawwif nya nanti memberikan pengarahan selama dalam perjalanan tour.

Bang Khilal yang memberikan isyarat kepada ku

Demikianlah cerita pendaratan pertama ku di tanah Arab, dan kisah ku dalam menjalani tugas sebagai tour leader. Kita sambung di artikel selanjutnya..

Happy Blogging..

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…