Masih Harus Banyak belajar

Kembali aku tertegun melamun didepan layar monitor kerja ini. Entah mengapa galau kembali merasuki hati ini setelah masalah itu kembali. Lagi-lagi setiap Saya mempublish komentar pada blog orang lain, komen tersebut langsung masuk kedalam spam, entah mengapa bisa demikian. Disaat semangat ngeblog ini bangkit, disaat itu pula Allah berikan cobaan untuk komitmen Saya.
Mungkin Saya bukan blogger yang sebenar-benarnya blogger. Hanya dengan masalah ini, mental Saya ciut dan membuat Saya males nulis. Astaghfirullah…

Menurunnya Semangat ngeblog ini mulai ketika Lappie pergi meninggalkan Saya. Ini semua kesalahan Saya sendiri yang tidak menjaganya dengan baik. Membiarkannya berada dalam ruangan dengan suhu yang tinggi hingga membuat komponen didalamnya rusak dan tidak lagi berfungsi dengan baik. Sekarang Lappie hanya bisa terbaring mati dalam lemari dan hanya air mata yang terus menerus mengalir ketika Saya teringat masa-masa indah bersama Lappie dulu. Mungkin besok Saya akan membuat tulisan khusus tentang lappie dan Saya.

Diluar dari pada itu, Saya kembali bangkit dan mencari solusi mengapa setiap post komentar selalu dianggap spam. Saya tanya kesana kemari dan Saya kumpulkan semua masukan yang diberikan oleh mereka yang sudah lama berkecimpung didunia blogging. Alhasil semua sama saja, bahkan untuk merubah atau menggunakan email baru yang sekaligus menggunakan username yang baru juga. Hal itu membuat Saya down, karena itu artinya Saya harus mengulang semuanya dari Nol. Yaa gak bener-bener dari nol sih, tapi kan Saya harus membuat email baru tanpa melupakan email-email lama, Itu sama saja mengambil kehidupan yang baru.

Alhmdulillah, sebelum hal tersebut terjadi, Saya temukan dimana titik permasalahannya. Meskipun ini gak benar-benar Saya yakini adalah titik masalahnya, setidaknya dengan tidak menggunakannya lagi membuat komen Saya muncul di kolom komentar blog orang lain dan mendapatkan respos dari mereka empunya blog.
Masalahnya adalah, ketika Saya menggunakan nama “RahmanBatopie, M.gs” sebagai nick name, maka komen itu masuk dalam daftar komen spam, tapi ketika Saya mengganti nick name tersebut, komen Saya muncul pada bagian komentar di artikel blog orang lain. Apakah itu artinya nick name Saya ini masuk dalam list spam oleh wordpress? kalo iya, ternyata gak cuma username dan url saja yang bisa dimasukkan dalam list spam, nick name juga bisa.
Maka Sobat jangan heran jika nick name Saya berubah menjadi BatopieBlog 😊..

Oke, Untuk sementara masalah teratasi, dan sekarang Saya bisa kembali berinteraksi dengan blogger lainnya.
Langkah selanjutnya adalah mengembalikan semangat ngeblog yang sempat memudar. Dan salah satu cara Saya agar kembali semangar ngeblog adalah dengan cera blogwalking. Dan Alhmdulillah Saya menemukan banyak blog yang luar biasa dan membuat Saya berfikir bahwa Saya belum ada apa-apanya dibandingkan mereka. Dan itu yang membuat Saya kembali bersemangat ngeblog.

Ya Rabb.. Izinkan hamba kembali menulis seperti yang telah hamba lakukan sebelumnya, dan jadikan setiap tulisan Hamba bermafaat bagi orang lain..

Happy Blogging

Iklan